Artikel, Tips & Trik

Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru dengan Cepat & Aman!

cara-memindahkan-data-dari-hp-lama-ke-hp-baru

Bagaimana cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru? Ya, saat ini hp memang bukan saja sebagai alat komunikasi melainkan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai file atau data. Inilah kenapa, terkadang saat hendak menjual hp, pemiliknya harus melakukan transfer data terlebih dahulu ke hp yang baru agar data-data penting tetap bisa diakses. 

Sebagai sebuah kebutuhan, wajar jika di dalam ponsel kita menyimpan berbagai macam data mulai dari file berupa foto, video, teks, audio dan masih banyak lagi. Karenanya jika mau berganti hp, sebaiknya anda memindahkan data-data yang terdapat pada hp lama terlebih dahulu sebelum menjual hp yang lama. 

Cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru sebenarnya mudah dilakukan bagi sebagian orang. Hanya saja setiap ponsel memiliki OS yang berbeda, dan tentunya membuat pemilik hp kebingungan saat harus mentransfer data. Jangan risau, kami akan membagikan ulasannya disini!

Tips Sebelum Transfer Data dari Hp Lama ke Hp Baru

Ada beberapa tips yang perlu diterapkan terlebih dahulu, sebelum anda memindahkan file atau data penting dari hp lama ke hp yang baru. Ini langkah-langkahnya : 

  • Silakan cari data penting apa saja yang harus ditransfer ke hp yang baru. Pilih kontak, dokumen penting, video atau foto yang anda inginkan. 
  • Kosongkan data yang terdapat pada hp lama terlebih dahulu, apalagi jika anda berniat menjual hp yang lama. Jadi pindahkan ke hp yang baru agar data yang anda inginkan tetap tersimpan di hp yang baru.
  • Jangan lupa melakukan pencadangan data, sebagai antisipasi jika ada data yang rusak atau hilang. Terutama untuk data-data yang bersifat penting.

Cara Memindahkan Data dari Hp Lama ke Hp Baru

cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru

Bagaimana, sudah paham dengan tips di atas? Kini saatnya anda mengikuti beberapa panduan cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru tergantung dari jenis data yang akan ditransfer. Begini ulasannya:

1. Sinkronisasi Data Kontak dari HP Lama ke Hp Baru

Kontak termasuk data penting yang wajib anda transfer terlebih dahulu ke hp yang baru. Karena tentunya, kontak inilah yang terus menghubungkan anda pada keluarga, teman, kolega, atau lainnya. Jadi, sebelum mengganti hp pastikan anda sudah mentransfer data kontak terlebih dahulu.

Untuk melakukannya, anda cukup lakukan transfer data kontak di bawah ini :

  • Buka menu Contacts.
  • Pada menu Contact, buka bagian garis tiga pada sisi kiri layar lalu klik Manage Contacts
  • Klik Sync Contacts, lalu pilih email yang ingin di Sync.
  • Klik Sync, maka contact akan otomatis tersinkronisasi dengan email Anda.

Manfaatkan fitur sinkronisasi bersama akun Google untuk memastikan semua kontak yang ada pada hp lama anda sudah tersinkronisasi dengan otomatis di hp baru Anda. Selain itu, Anda juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga jika mau memindahkan kontak.  Lakukan transfer data kontak lewat SIM Card dengan cara memasukkan kartu SIM yang ada di hp lama Anda ke hp yang baru. 

2. Transfer Data File Video dan Foto ke Hp Baru

Jika sebelumnya anda mau memindahkan data kontak, maka yang tak kalah penting adalah mentransfer data berupa foto maupun video ke hp yang baru. Silakan coba cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru berikut ini : 

  • Sinkronkan video dan foto antar hp memakai Google Photos, dengan cara: 1) Buka Google Photos, 2) Klik Back up, 3) Google Photos akan otomatis lakukan backup seluruh foto dan video yang ada di HP Anda
  • Mentransfer video dan foto langsung dengan kabel USB, cukup dengan menghubungkan hp yang lama ke yang baru, caranya pilih transfer file.
  • Memakai aplikasi nirkabel untuk transfer data dengan menggunakan jaringan wifi untuk transfer video dan foto antar hp, misalnya dari perangkat iphone ke perangkat android.

3. Transfer Data Pesan ke Hp Baru

Selain data berupa kontak, video dan foto, anda juga bisa mentransfer data pesan dari hp yang lama ke hp yang baru. Ada beberapa pesan penting yang mungkin ingin tetap disimpan di hp yang baru. Berikut cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru untuk data pesan, di bawah ini :

  • Memakai fitur pencadangan pesan yang sebelumnya sudah diaktifkan di perangkat hp yang lama, dengan cara: 
  1. Buka Whatsapp Anda
  2. Masuk ke menu Settings
  3. Pilih menu Chats
  4. Pada menu Chats, pilih menu Chat backup
  5. Pilih menu Back up dan pastikan chat back up sudah terconnect dengan email Anda.

4. Transfer Data Musik dari Hp Lama ke Hp Baru

Jika enggan mendownload kembali music di hp yang baru, maka kamu bisa mencoba cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru untuk data music ini. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk transfer data music, antara lain :

  • Memakai layanan streaming musik, seperti Joox, Spotify, dan Apple Music dengan mudah.
  • Memindahkan music dengan menggunakan kabel USB. 
  • Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi untuk transfer data tanpa kabel untuk memindahkan data music, baik itu lewat Xender atau ShareIt menggunakan akses wifi.

5. Transfer Data File dan Dokumen

Sebagai tempat penyimpanan berbagai macam data, sudah pasti di hp juga terdapat beberapa file atau dokumen. Sehingga jika anda ingin berganti ponsel harus memindahkan data file dan dokumen tersebut. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk transfer data file dan dokumen ini :

  • Untuk menyinkronkan file dan dokumen seperti Dropbox dan juga Google Drive dengan cara: 1) Buka My Files, 2) Klik Google Drive, 3) pilih email yang ingin di sinkronisasi, 4) Klik Sync.
  • Memakai aplikasi pihak ketiga untuk transfer file dan dokumen dengan cepat lewat Bluetooth atau koneksi wifi. 

6. Transfer Data Aplikasi dari Hp Lama ke Hp Baru

Data yang tak kalah penting untuk dipindahkan adalah data aplikasi. Ada beberapa aplikasi terinstall yang mungkin wajib dipindahkan dari hp lama ke baru. Beberapa opsi di bawah ini bisa digunakan untuk transfer data aplikasi :

  • Memakai fitur pencadangan dan pemulihan di Play Store. Caranya masuk ke dalam akun Google sama seperti pada hp baru yang sudah tersimpan sebelumnya di cloud.
  • Memakai aplikasi transfer data untuk membantu transfer file APK beserta data aplikasi dengan cepat.
  • Reinstall aplikasi yang anda inginkan di akun Play Store sebelumnya.

7. Membersihkan Data dari Hp yang Lama

Jika sudah mentransfer keseluruhan data penting dari hp lama ke hp baru, anda tinggal menghapus atau membersihkan data pada hp lama. Apalagi jika berniat menjual hp lama, tentu saja semua data yang ada harus dikosongkan untuk keamanan. 

Untuk membersihkan dan mengosongkan data pada hp yang lama, bisa dilakukan beberapa tahapan berikut ini :

  • Cek lagi data yang sudah dipindahkan baik video, foto, dokumen maupun aplikasi dengan cara membersihkan data yang ada pada hp lama, serta yang sudah berhasil ditransfer ke hp baru.
  • Lakukan pengaturan factory reset di hp lama agar semua pengaturan dan data yang ada di hp lama terhapus, sehingga tidak ada yang tersisa.
  • Hapus jejak pribadi anda dengan cara menghapus data menyeluruh. Caranya dengan melakukan format ulang kartu SD, menghapus file secara permanen dan menghapus cache. 
  • Jaga keamanan dan privasi data ketika mentransfer data.
  • Memakai koneksi yang terpercaya ketika memindahkan data menggunakan jaringan wifi.
  • Pastikan data yang ditransfer sudah terenkripsi supaya pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab tidak bisa mengaksesnya.
  • Hapus data backup atau cadangan usai mentransfer data. Seperti pada aplikasi transfer file maupun pada cloud.

Cara Agar Proses Transfer Data Lebih Mudah dan Cepat

Jika ingin mempercepat proses transfer data supaya lebih efisien, ada beberapa trik yang perlu anda simak di bawah ini : 

1. Transfer Data Memakai Smart Switch

Dengan smart switch, pengguna bisa mentransfer seluruh konten dari iOS ke android contohnya. Bukan hanya itu, tetapi adanya fitur ini dapat membantu memindahkan data dengan cepat antar ponsel Samsung, baik itu tablet, smartphone dan PC. Smart Switch membuat proses transfer data lebih cepat, saat anda hendak mengganti hp yang lama menggunakan hp baru.

2. Mengandalkan Aplikasi transfer Data

Jika mau mempercepat transfer data, maka anda bisa memakai aplikasi transfer data yang bekerja dengan cepat. Contohnya, menggunakan aplikasi EasyShare, Files Go atau Share Me yang dapat memindahkan data untuk tiap perangkat tanpa waktu lama.

Melalui aplikasi ini, tentu saja bisa membuat waktu transfer data lebih ringkas. Anda bisa memindahkan file, foto maupun video dengan mudah dan cepat.

3. Memakai Konektor USB OTG

Untuk data-data dalam jumlah yang banyak dan anda ingin mentransfernya, pertimbangkan perangkat USB OTG (On The Go). Dalam hal ini, perangkat konektor tersebut dapat menghubungkan antara hp lama dengan hp baru memakai kabel USB secara langsung.

Dengan memakai konektor dari USB OTG ini, maka transfer data bisa berjalan semakin stabil dan cepat, proses pemindahan juga lebih hemat waktu.

4. Mengosongkan Data yang Tidak Digunakan

Pastikan untuk selalu mengecek data mana saja di perangkat yang sudah tidak digunakan kembali. Daripada memenuhi ruang penyimpanan perangkat, sebaiknya kosongkan atau bersihkan data-data yang tidak terpakai.

Anda bisa menghapus video apa saja atau dokumen yang tidak perlu. Selain itu, copot pemasangan aplikasi tertentu yang sudah tidak dipakai, hapus juga pesan yang kurang begitu penting. Menghapus data-data yang sudah tidak digunakan bisa mempermudah proses transfer data, karena tidak perlu mentransfer data dalam jumlah yang banyak. 

Alhasil waktu yang anda butuhkan untuk mentransfer data jadi lebih singkat. Selain itu, bisa juga menghemat space penyimpanan pada perangkat baru. 

Konsultasikan Cara Memindahan data dari HP lama ke HP Baru dengan Bumilindo

Sekian tips terkait cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru. Jangan ragu untuk memanfaatkan tips dan trik yang telah kami berikan guna mempercepat proses pemindahan dan menjaga keamanan data Anda. Selalu ingatlah untuk memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan pastikan untuk menyimpan salinan data cadangan sebelum memulai proses pemindahan.

Jika Anda ingin lebih praktis, tim Bumilindo siap membantu Anda dalam memindahkan data dari HP lama Anda ke HP Samsung baru dengan mudah. Tunggu apa lagi? Manfaatkanlah layanan Bumilindo secara maksimal dengan mengunjungi gerai Bumilindo di kota Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan beragam keuntungan dan penawaran menarik yang kami sediakan.

Tertarik Dengan Gadget Samsung?

Dapatkan Penawaran Terbaru Spesial Untuk Anda Hanya di Bumilindo

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa Saja Persiapan Untuk Memindahkan Data ke Hp Baru?

Sebelum anda memindahkan data, sebaiknya cadangkan beberapa data penting, antara lain foto, kontak, pesan, dan juga dokumen penting pada perangkat yang lama. Pastikan pula hp baru sudah terhubung pada jaringan wifi untuk mempermudah transfer data.

2. Bagaimana Cara Memindahkan Data Kontak dari Hp yang Lama ke HP yang Baru?

Pindahkan kontak ke perangkat baru anda dengan menyinkronkan akun yang berisi kontak anda pada hp lama. Selanjutnya login memakai akun serupa di hp yang baru. Kemudian secara otomatis kontak akan langsung muncul pada ponsel baru. 

3. Bagaimana Cara Memindahkan Video dan Foto?

Anda bisa memindahkan video dan foto dengan cara menguploadnya ke layanan penyimpanan Cloud, misalnya iCloud atau Google Photos di ponsel yang lama. Lalu download aplikasi tersebut di ponsel yang baru sesudah masuk menggunakan akun serupa. 

4. Bagaimana Cara Menjaga Keamanan Data Selama Proses Transfer Data?

Untuk tetap menjaga keamanan data penting, jangan pernah memakai aplikasi kurang kredibel atau yang mencurigakan untuk transfer data. Perbarui software ke versi yang terbaru pada kedua perangkat. Pastikan pula untuk memakai PIN atau sandi yang kuat pada ponsel lama maupun ponsel yang baru.

5. Bagaimana saya bisa memastikan semua data telah dipindahkan dengan sukses?

Pastikan untuk memeriksa semua data yang ingin Anda pindahkan, seperti kontak, foto, pesan, dan aplikasi, pada HP baru. Periksa kualitas data yang dipindahkan dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik sebelum Anda menghapus data di HP lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *