Artikel, Panduan Lengkap

Jangan Panik! Ini Panduan Lengkap Cara Mengatasi HP Terkena Air dengan Benar

cara-mengatasi-hp-terkena-air

Saat hp tiba-tiba terjatuh dari genggaman dan terkena air, tentu anda merasa panik. Apalagi hp yang anda punya bukan hp waterproof. Namun jangan risau, karena jika anda mengalaminya ada beberapa cara mengatasi hp terkena air yang bisa dicoba disini!

Saat hp kemasukan air, maka komponen elektronik di dalam hp bisa mengalami kerusakan terutama yang bersifat sensitif. Bisa jadi, kerusakan pada motherboard ponsel, korosi pada baterai atau kerusakan pada komponen lainnya. 

Apabila masalah ini tidak ditangani segera, maka bukan hal mustahil ponsel anda mengalami beberapa masalah seperti layar ponsel tidak responsive, mati total, suara bermasalah dan lainnya.

Cara Mengatasi Hp Terkena Air dengan Tepat

Cara mengatasi HP Terkena Air

droila.com

Di bawah ini ada beberapa langkah cara mengatasi hp terkena air dengan benar yang bisa anda praktekkan :

1. Matikan Ponsel Segera

Ketika ponsel anda terkena atau terendam air langsung ambil, dan segera matikan ponsel. Sebab jika hp dibiarkan masih menyala saat terendam air, maka arus listrik pada perangkat yang kontak dengan air bisa mengakibatkan kerusakan di perangkat. Jika hp segera dimatikan, otomatis resiko kerusakan bisa ditekan. 

Jangan risau jika anda sedang membuka aplikasi di ponsel atau mematikan ponsel secara paksa. Hal terpenting yang perlu ditekankan ialah memutus aliran listrik ke ponsel. Lantas, apa yang mesti dilakukan?

  • Tekan lalu tahan power sampai layar ponsel mati.
  • Jangan tekan tombol yang lain tanpa sengaja ketika mematikan hp.
  • Lalu tunggu sampai ponsel mati.

2. Jangan Melakukan Gerakan Berlebihan

Saat mengeluarkan ponsel dari air, sebaiknya jangan melakukan Gerakan berlebihan. Jangan menggoyang atau mengocok ponsel keras-keras. Jika hal tersebut terjadi, bisa memicu air masuk ke sela-sela atau komponen bagian dalam ponsel yang menyebabkan kerusakan lebih parah. 

Pegang ponsel secara hati-hati ketika anda mengeluarkannya dari rendaman air. Melalui langkah-langkah ini, artinya anda sudah menerapkan langkah penting dalam mengambil solusi hp yang terpapar air.

3. Buang Air Tersisa di Hp

Cara mengatasi hp terkena air selanjutnya yaitu buang air yang tersisa pada hp. BIasanya air yang tertinggal di permukaan ponsel bisa mengakibatkan terjadinya korosi, hingga kerusakan yang lebih lanjut. Untuk membuang air yang tersisa di hp, silakan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Keringkan Permukaan Ponsel dengan Lembut

Pakai tisu atau kain yang lembut buat mengeringkan bagian permukaan ponsel. Jangan pernah menggosok ponsel anda dengan kasar, sebab bisa memicu kerusakan pada lapisan pelindung layar. Cukup tekan lalu usap saja bagian permukaan ponsel perlahan agar air yang tersisa di hp dapat menyerap. Lalu pastikan untuk mengeringkan setiap celah dan sudut ponsel secara hati-hati.

  • Pakai Bantuan Kain Lap Microfiber

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan kain berbahan microfiber lembut yang dapat menyerap air secara maksimal. Lap kain ini bersifat sangat efektif menghilangkan air tersisa di permukaan ponsel. Silakan gosokkan kain tersebut dengan perlahan ke layar ponsel, bagian sisi ponsel dan belakang. Tapi jangan sampai terburu-buru mengeringkannya. Pastikan seluruh sisa air pada ponsel sudah hilang sebelum anda melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Bersihkan Ponsel Memakai Air Isopropil

Berikutnya, anda bisa memakai air isopropyl yang digunakan untuk membersihkan ponsel yang terendam air. Dengan air isopropyl ini bisa membantu anda menghilangkan kelembaban maupun residu lain pada hp yang tertinggal. 

Kenapa memakai air isopropyl? Air isopropyl merupakan zat paling efektif untuk mengatasi kelembaban sekaligus kotoran di perangkat. Selain itu, air ini bersifat sebagai pengering yang efektif serta dapat menguap dalam waktu cepat, karenanya sangat cocok dipakai pada alat elektronik, seperti halnya ponsel. Selain itu, pastikan memakai air isopropyl yang memiliki kemurnian alkohol setidaknya 90%. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan air isopropyl? Mudah saja, anda hanya perlu memakai kuas atau cotton swab lembut. Silakan celupkan ujung kuas atau cotton swab tadi ke air isopropyl, kemudian usapkan lembut di bagian-bagian ponsel yang telah terkena air, misalnya bagian port, tombol dan bagian belakang. Ingat, jangan berlebihan mengaplikasikan air ini!

5. Bersihkan Bagian-bagian Kecil Menggunakan Kuas Lembut

Usai membersihkan body luar ponsel, kini waktunya membersihkan beberapa bagian kecil pada hp menggunakan kuas halus. Yang dimaksud bagian-bagian ini adalah lubang headphone, port USB, tombol volume dan tombol fisik yang kerap menjadi tempat kotoran dan kelembaban menumpuk. Anda harus membersihkannya dengan teratur untuk membantu agar kinerja ponsel tetap terjaga. Silakan ikuti langkah berikut : 

  • Bersihkan Lubang Headphone dan Port USB

Lubang headphone dan port USB yang terdapat pada hp adalah bagian yang rentan terkena debu dan air. Maka dari itu, bersihkan bagian-bagian ini memakai kuas yang halus dan lembut. Silakan gosokkan kuas dengan perlahan di lubang headphone dan port USB agar kotorannya hilang. Pastikan untuk tidak memakai benda yang bisa merusak komponen-komponen ini.

  • Bersihkan Tombol Volume dan Tombol Fisik

Bukan hanya pada port USB dan headphone saja, tetapi tombol volume dan tombol fisik lainnya juga berpotensi mengumpulkan kotoran maupun debu. Untuk membersihkan bagian ini, anda bisa memakai kuas halus dengan membersihkan bagian sela-sela pada permukaan dan tombolnya. Silakan gosokkan kuas dengan perlahan agar kotoran yang terdapat pada bagian tersebut hilang. Selain itu, pastikan juga anda tidak memakai cairan dalam jumlah berlebihan sebab bisa merusak kinerja pada tombol-tombol di atas. 

6. Keringkan Bagian Dalam Hp

Usai membersihkan komponen-komponen berukuran kecil, langkah selanjutnya seka lalu keringkan komponen bagian dalam ponsel. Walaupun anda telah mengeringkan hp bagian luar, kemungkinan masih ada kelembaban pada bagian dalamnya. Guna mengatasi hal tersebut, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pakai Kain Lembut

Pakai kain yang lembut untuk menyeka bagian dalam pada ponsel. Sebaiknya pastikan kain sudah dibersihkan terlebih dahulu tanpa ada serat tertinggal di dalamnya. Lalu usapkan kain yang halus dengan perlahan dan lembut di komponen bagian dalam ponsel. Antara lain seperti bagian konektor, papan sirkuit, maupun chip. Tujuannya agar kelembaban pada ponsel dapat terserap dengan baik.

  • Keringkan Secara Hati-hati

Di samping anda menyekanya, penting juga untuk mengeringkan komponen  bagian dalam pada ponsel secara hati-hati. Jika perlu, pakai pengering rambut bertemperatur rendah, bisa juga dengan mengaturnya ke dalam mode pendingin. Silakan hembuskan udara yang hangat dari pengering rambut dengan perlahan agar kerusakan bisa dihindari akibat temperatur terlalu panas. Pengeringan ini bisa membantu mengatasi kelembaban tersedia pada bagian dalam ponsel.

7. Biarkan Ponsel Mengering Alami

Sesudah mengikuti langkah-langkah di atas, cara mengatasi hp terkena air selanjutnya yaitu biarkan ponsel mengering dengan alami. Anda bisa membiarkan ponsel mengering dengan cara biarkan kelembaban yang tersisa menguap dengan sendirinya. Ini merupakan langkah penting agar ponsel bisa kembali normal.

Untuk membantu proses pengeringan, simpan hp di tempat yang terbuka dan hangat, contohnya di atas rak atau meja. Pastikan tempat yang anda gunakan terhindar dari sinar matahari langsung. Udara yang hangat dapat membantu pengeringan secara alami, sementara ruangan terbuka membuat sirkulasi udara lebih baik. Diamkan hp, dan biarkan mengering setidaknya selama 24 jam sebelum mencoba menyalakannya lagi. 

8. Menggunakan Bahan Penyerap Kelembaban

Usai mengeringkan ponsel dengan cara alami, pakai bahan penyerap kelembaban atau desikator, tujuannya demi memastikan tidak ada lagi kelembaban tersisa pada bagian dalamnya. Di bawah ini ada 2 pilihan yang dapat dipertimbangkan antara lain :

  • Simpan Ponsel ke Wadah Desikator

Desikator merupakan tempat atau wadah khusus untuk menghilangkan kelembaban di area sekitarnya. Letakkan ponsel yang telah kering sebelumnya ke desikator, lalu tutup rapat-rapat. Selanjutnya desikator dapat membantu menjaga kelembaban di area sekitar ponsel agar tetap rendah. Ganti desikator jika penuh atau pastikan penggunaannya sesuai petunjuk.

  • Pakai Bahan Penyerap Kelembaban

Anda juga bisa memakai alternatif lain berupa bahan penyerap kelembaban. Misalnya, dapat memakai kantong beras atau silika gel yang sudah dikemas. Letakkan ponsel yang telah mengering tadi bersama bahan yang dapat menyerap kelembaban di dalam wadah yang kedap udara. Semua bahan tersebut nantinya membuat kelembaban jadi terserap sempurna pada hp.

9. Uji Coba Hp

Jika anda sudah merasa yakin bahwa ponsel sudah mengering, kini lakukan uji coba dengan cara menyalakan ponsel kembali. Tapi sebelumnya, pastikan dulu beberapa hal berikut :

  • Hp Harus Benar-Benar Kering

Pastikan ponsel anda benar-benar kering tanpa ada kelembaban tersisa. Silakan cek seluruh komponen, seperti lubang headphone, port USB dan juga bagian dalam ponsel. Apabila masih tersisa kelembaban, diamkan ponsel mengering dalam waktu yang lama atau anda bisa menggunakan beberapa langkah tambahan untuk mengeringkan ponsel dengan sempurna.

  • Nyalakan Hp Secara Perlahan

Sesudah memastikan jika ponsel kering sempurna, silakan tekan bagian tombol daya ponsel untuk menyalakannya. Silakan pastikan apakah ponsel bisa menyala kembali seperti sedia kala. Cek pula fungsi-fungsi ponsel apakah bisa berjalan baik. Lakukan uji coba semua tombol, mulai dari layar sentuh, hingga tombol-tombol lainnya. Jika ditemukan masalah atau ada beberapa yang tidak berfungsi dengan baik, silakan ikuti tahap berikutnya.

Langkah Penting Jika Terjadi Kerusakan Lebih Parah

Bagaimana jika sesudah mengikuti cara mengatasi hp terkena air di atas tapi tetap tidak bisa menyala kembali atau mungkin ada kendala saat menyalakannya? Jika hal ini terjadi, ikuti beberapa langkah tambahan berikut :

1. Jika Ponsel Tetap Tidak mau Menyala

Jika ponsel tetap tidak mau menyala sesudah anda mengeringkannya, lalu mencoba menyalakannya lagi, maka bisa jadi ada kerusakan lebih serius pada ponsel. Jika hal ini terjadi, jangan bertindak sendiri untuk memperbaikinya. Silakan bawa ponsel ke pusat perbaikan atau layanan perbaikan ponsel terpercaya dan profesional untuk memperbaikinya.

2. Hubungi Layanan Teknis Bila Perlu

Apabila anda menemukan beberapa masalah usai mengatasi masalah ponsel yang terkena air, seperti suara teredam, layar menjadi buram atau lainnya. Maka anda bisa menghubungi layanan teknis secara resmi yang disediakan oleh produsen smartphone anda. Biasanya mereka akan menawarkan solusi tepat untuk menghadapi masalah tersebut.

Dapatkan Produk Samsung Berkualitas Anti Air hanya di Bumilindo

Jangan biarkan ketakutan terhadap air menghalangi Anda menikmati kecanggihan teknologi Samsung. Kini, Bumilindo hadir dengan koleksi produk Samsung berkualitas anti air yang tak hanya tangguh namun juga elegan. Jadi, Anda dapat memiliki ponsel pintar atau perangkat elektronik Samsung tanpa khawatir tentang kontak dengan air.

Salah satu bukti keunggulan ini terlihat pada Samsung Galaxy S Series. Seri ini telah terbukti tahan air dengan sertifikasi IP68, yang berarti dapat bertahan dari cipratan air, kelembapan, bahkan kejutan jika terkena air hingga kedalaman tertentu. Dengan Samsung Galaxy S Series, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya di sekitar kolam renang, pantai, atau saat hujan deras.

Untuk mendapatkan produk Samsung berkualitas anti air ini, kunjungilah gerai Bumilindo terdekat di Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Magelang, Malang, dan Pandeglang. Kami menawarkan berbagai pilihan perangkat Samsung yang tahan air dengan desain yang menawan dan teknologi yang inovatif. Manfaatkan kesempatan ini untuk memiliki produk Samsung yang dapat menemani aktivitas sehari-hari Anda dengan keamanan dan ketenangan pikiran.

Jadi, ayo segera kunjungi gerai Bumilindo terdekat di kota Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memiliki produk Samsung berkualitas anti air yang dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup modern Anda.

Tertarik Dengan Gadget Samsung?

Dapatkan Penawaran Terbaru Spesial Untuk Anda Hanya di Bumilindo

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dilakukan jika hp terkena air?
Apabila hp hanya terkena air, maka langkah yang bisa anda coba adalah lap hp sampai kering menggunakan kain atau handuk kertas yang lembut. Goyangkan hp dengan lembut agar air pada port isi daya bisa hilang. Caranya keluarkan SIM Card, pakai pembersih aerosol yang terkompresi agar air yang tersisa pada ponsel bisa keluar.

2. Berapa Lama Hp yang Terkena Air Direndam Dalam Beras?
Pasalnya beras dapat menyerap air yang ada dalam hp. Para pengguna dapat memakai kotak plastik atau kotak makan yang menampung beras. Lalu pastikan ponsel disimpan tepat di tengah-tengahnya sampai seluruh bagian terendam oleh beras. Silakan rendam ponsel selama 2-4 hari agar hasilnya maksimal.

3. LCD Terkena Air Apa Harus Ganti?
Selain MicroSD atau kartu SIM, pastikan anda mengamankan baterai dan LCD. Sebab keduanya termasuk komponen yang gampang rusak jika terkena air.

4. Apa yang Terjadi Jika Lubang Charger Kemasukan Air?
Jika hanya cipratan air biasanya korsleting listrik tidak akan terjadi. Akan tetapi, jika soketnya terendam oleh air, pastinya akan mengalami korsleting listrik.

5. Hp yang Terkena Air Apakah Membuat Data Hilang?
Bisa jadi, karena hp yang terkena atau kemasukan air berpotensi mengalami kerusakan komponen alias mati total jika tidak ditangani dalam waktu cepat. Alhasil memori atau data di hp bisa saja rusak atau hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *