Artikel, Panduan Lengkap

3 Cara Menghapus Cache di HP: Cepat dan Efisien

cara menghapus cache di hp

Hp Anda lemot dan lambat berfungsi? Mungkin saja penyimpanan ponsel Anda penuh sehingga sulit install aplikasi baru. Sudahkah anda mencoba solusinya? Salah satu solusi yang bisa mengatasi masalah hp tidak responsif adalah dengan cara menghapus cache di hp.ย 

Cache seringkali disepelekan oleh para pengguna hp, maka dari itu di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghapus cache di hp dengan mudah. Tujuannya agar performa perangkat Anda kembali seperti semula. Dengan membersihkan cache, membuat penggunaan memori hp jadi lebih optimal.ย 

Cache Pada Hp Android

Cache memory adalah jenis memori yang digunakan untuk menyimpan data yang sering diakses atau dianggap penting oleh sistem komputer yang sifatnya temporary (sementara). Jenis memori ini memudahkan pengguna hp mengeksplor pencarian atau dalam mengakses apapun lewat hp. Misalnya saja, saat mengeksplor internet atau menggunakan aplikasi, maka data apapun yang sering anda akses akan tersimpan otomatis pada cache. Dengan begitu, mempermudah akses pencarian di masa mendatang.

Ada beberapa contoh penggunaan cache, seperti ketika anda membuka media sosial, profil pengguna, gambar atau mungkin mencari informasi dengan browsing di internet. Maka semuanya akan tersimpan pada cache untuk bisa diakses dengan mudah dan cepat oleh penggunanya ketika mengakses aplikasi atau program yang sama kembali.

Kenapa Cache Harus Dihapus?

Tidak sedikit pengguna yang kurang begitu paham terkait dampak cache pada hp jika dibiarkan menumpuk. Apabila cache dibiarkan menumpuk, ruang penyimpanan (memory) akan lebih cepat penuh dan tidak dapat menampung kembali sehingga dapat mempengaruhi kecepatan operasi sistem di hp Anda, termasuk saat menjalankan aplikasi yang sedang digunakan. Akibatnya, hp bisa jadi berjalan lamban alias lemot. Maka dari itu, Anda perlu menghapus cache Android secara rutin.

cara clear cache di Androir

fossbytes.com

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa penting untuk menghapus cache? Nah, seiring waktu, cache yang terus-menerus terisi dengan data yang tidak lagi diperlukan dapat memenuhi penyimpanan internal ponsel Anda. Cache yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti:

  1. Penurunan kinerja
    Semakin banyak cache yang tersimpan, semakin lambat kinerja perangkat Anda. Prosesor harus mencari data di cache yang padat, sehingga menghabiskan lebih banyak waktu untuk menampilkan informasi yang diinginkan.
  2. Keterbatasan ruang penyimpanan
    Cache yang terlalu besar dapat mengambil ruang yang berharga di penyimpanan internal, yang mengurangi kapasitas yang dapat Anda gunakan untuk aplikasi dan file penting lainnya.
  3. Konflik dan bug
    Cache yang korup atau usang dapat menyebabkan konflik dan bug dalam aplikasi, yang dapat mengganggu pengalaman pengguna Anda secara keseluruhan.

Ketahui Apa Saja Aplikasi yang Menyimpan Cache Lebih Besar

Ketika mengecek kapasitas penyimpanan cache, mungkin anda tertarik untuk mengetahui mana saja aplikasi yang menyimpan cache terbesar. Sehingga anda bisa lebih fokus membersihkan cache pada aplikasi-aplikasi yang dituju untuk mengosongkan ruang penyimpanan secara signifikan.

Anda bisa menemukannya lewat daftar aplikasi di perangkat untuk mengetahui aplikasi yang menyimpan cache terbesar. Akses daftar aplikasi pada menu pengaturan penyimpanan di hp. Selain itu, pastikan pula untuk mengecek mana aplikasi yang bisa menghabiskan storage terbanyak. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang paling banyak menggunakan cache:

  1. Media Social: Instagram, TikTok, Whatsapp, Telegram, Twitter
  2. Aplikasi Edit: Capcut
  3. Aplikasi Marketplace: Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain-lain

Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui cara menghapus cache di hp Android Anda. Karena cache menumpuk bisa berdampak pada beberapa hal berikut :

1. Ruang Penyimpanan Jadi Penuh

Terlalu banyak cache yang menumpuk bisa membuat ruang yang ada di memori internal anda menjadi berkurang. Berkurangnya ruang penyimpanan ini, tentu saja bisa menghambat anda ketika hendak mengunduh aplikasi atau ketika menyimpan file lainnya.ย 

2. Performa Berkurang

Jika cache yang tersimpan semakin banyak, maka membuat kinerja ponsel jadi semakin melambat. Hal ini mengingat prosesor harus bekerja keras menelusuri data pada cache yang menumpuk, alhasil waktu yang anda butuhkan jadi lebih banyak hanya untuk menelusuri informasi yang anda inginkan.ย 

3. Masalah Bug

Masalah menumpuknya cache pada hp juga bisa menyebabkan terjadinya bug saat membuka aplikasi. Hal tersebut tentu saja bisa membuat pengalaman pengguna jadi terganggu.

Baca juga: Memori HP Cepat Penuh? Jangan Khawatir, Berikut Cara Mengatasinya

Cara Menghapus Cache di HP

Sebagai solusi mengatasi masalah performa hp yang menurun akibat penumpukkan cache di hp, maka ada 2 pilihan cara menghapus cache di hp yang bisa anda lakukan. Sehingga performa hp bisa kembali normal seperti sedia kala :ย 

1. Cara Menghapus Cache di Hp Pada Aplikasi

Cara menghapus cache di hp yang pertama, yaitu anda bisa melakukannya langsung pada aplikasi yang dituju. Karena kita tahu bahwa setiap aplikasi akan menyimpan cache saat digunakan. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghapus cache pada aplikasi di bawah ini :

  • Silakan buka menu setting / pengaturan di smartphone.ย 
  • Temukan pilihan Apps / manajemen aplikasi.
  • Klik Filter and Sort, lalu tekan opsi Sort by: Size.
  • Dari sana, akan terlihat apa saja aplikasi yang memakan Storage lebih banyak dan harus dihapus.
  • Silakan pilih aplikasi yang anda ingin hapus cache-nya, misalnya Tiktok. Lalu tekan Storage.
  • Di dalam info storage akan terlihat informasi mengenai App, Data, Cache, dan Total Di sebelah kanan bagian bawah, ketuk Clear Cache jika ingin menghapus cache.

2. Cara Menghapus Cache di Hp Pada Sistem Operasi

Jika cara menghapus cache di hp sebelumnya, anda harus menghapus cache yang ada di masing-masing aplikasi. Namun untuk metode ini, anda bisa menghapus cache pada sistem keseluruhan. Adapun yang dimaksud dengan cache sistem yaitu penyimpanan cache pada OS android yang bisa berpengaruh terhadap performa dan kinerja perangkat.

Untuk menghapus cache pada sistem di hp android, berikut ulasannya :

  • Silakan matikan ponsel anda terlebih dahulu.
  • Klik lalu tahan Tombol Daya / Power dan Volume Up bersamaan.
  • Jika sudah muncul logo smartphone, lepaskan tombol tadi.
  • Pada opsi Pemulihan, anda bisa memakai tombol volume buat menavigasi sekaligus memilih Wipe Cache Partition.
  • Selanjutnya tinggal konfirmasikan saja pilihan anda, caranya tekan Tombol Daya.
  • Silakan tunggu sampai cache selesai dihapus.
  • Lalu tekan Reboot System Now jika sudah selesai, tujuannya untuk memuat ulang smartphone anda.ย 

3. Cara Menghapus Cache di HP Pada Web Browser

Cara Clear Cache di Google Chrome

Seperti kita ketahui, cache tidak hanya dijumpai pada program atau aplikasi yang sering kita gunakan, tetapi juga pada web browser. Mengingat kita seringkali melakukan pencarian informasi melalui web browser, maka wajar jika di dalam browser tersimpan cache untuk memudahkan penelusuran selanjutnya.ย 

Jika anda belum pernah menghapus cache di web browser, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama, buka web browser bawaan ponsel anda, baik itu Mozilla Firefox, Google Chrome, atau lainnya.
  • Klik ikon titik tiga tepat di ujung kanan atas pada layar ponsel.
  • Temukan tulisan History.
  • Nah, di menu History ini anda tinggal tekan Clear Browsing Data.
  • Selanjutnya, anda akan menemukan berbagai opsi, seperti Hapus riwayat, Hapus data penjelajahan hingga Hapus cache. Karena anda mau menghapus cache, silakan tekan Hapus Cache.
  • Jika sudah, anda akan dibawa pada opsi tambahan, yaitu cache, data situs atau riwayat penjelajahan. Tekan Cache.ย 
  • Jika sudah, lakukan konfirmasi atas tindakan penghapusan cache dengan menekan Clear Data dan setelah itu cache pada web browser bawaan anda akan terhapus otomatis.

Tentukan Waktu Untuk Menghapus Cache dengan Tepat

Di sini anda bisa memilih dari beberapa opsi yang ada, misalnya penghapusan cache setiap hari, sebulan sekali atau seminggu sekali. Silakan pilih sesuai preferensi dan kebiasaan pemakaian perangkat.ย 

Contoh, jika terlalu sering memakai aplikasi dalam jumlah yang banyak dan memerlukan lebih besar ruang penyimpanan, maka pilih hapus cache dengan periode setiap hari atau setiap minggu.

Jika ingin membuat pengelolaan penyimpanan cache dengan mudah, anda bisa menggunakan fitur untuk hapus cache secara otomatis di perangkat. Silakan aktifkan fitur tersebut, lalu tentukan waktu ideal untuk penghapusan data cache otomatis.ย 

Anda juga harus tahu beberapa trik untuk membantu mengoptimalkan proses hapus cache ini, antara lain hapus cache berkala dan tetap jaga storage hp yang cukup.

Kenapa Harus Menghapus Cache Secara Berkala?

Membersihkan cache secara berkala, menawarkan beberapa kelebihan. Positifnya, bisa membuat kinerja ponsel jadi meningkat. Membersihkan cache juga berarti memberikan ruang kepada perangkat untuk menyimpan file-file yang baru sekaligus dapat mengurangi beban kerja prosesor untuk mencari informasi atau aplikasi yang dibutuhkan.

Membersihkan cache bisa membantu anda membebaskan kembali space penyimpanan internal, terutama pada smartphone dengan ruang penyimpanan terbatas. Keuntungan lainnya yaitu, bisa terhindar dari yang namanya masalah bug saat membuka aplikasi di hp.

Alasan Kenapa Cache Sistem Harus Dibersihkan

Cache sistem harus dibersihkan secara teratur, untuk mengoptimalkan kinerja pada ponsel android. Selain itu, menumpuknya cache sistem memberikan dampak terhadap kinerja ponsel yang semakin menurun. Ruang penyimpanan di hp juga semakin penuh.ย 

Menghapus cache sistem keseluruhan, memungkinkan anda bisa menghapus file atau data yang sudah tidak diperlukan lagi sekaligus memberikan ruang pada perangkat anda untuk bisa bekerja secara efisien.

Melalui cara menghapus cache di hp, baik pada sistem maupun aplikasi, membuat anda bisa mengelola cache secara lebih efektif. Termasuk langkah awal membuat performa ponsel kembali meningkat sekaligus memastikan ruang penyimpanan ponsel yang memadai agar anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.ย 

Tertarik Dengan Gadget Samsung?

Dapatkan Penawaran Terbaru Spesial Untuk Anda Hanya di Bumilindo

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa Itu Cache di HP?

Cache adalah sebuah penyimpanan data sementara, biasanya tersimpan otomatis pada program atau aplikasi di perangkat dengan fungsi mempercepat pencarian informasi dan pengambilan data. Bisa berupa file sementara, gambar atau data lainnya yang dapat membantu aplikasi bisa berjalan dengan cepat.ย 

2. Kenapa Harus Menghapus Cache di Hp Android?

Akumulasi cache yang terlalu banyak karena dibiarkan dapat memenuhi ruang penyimpanan, sehingga menjadikan kinerja ponsel menjadi melambat. Selain itu mengakibatkan terjadinya bug pada ponsel. Dengan cara menghapus cache di hp bisa membantu anda mengembalikan kinerja perangkat secara optimal.

3. Kapan Sebaiknya Menghapus Cache di Smartphone Android?

Frekuensi menghapus cache di hp sebaiknya dilakukan secara berkala alias rutin, apalagi jika kinerja ponsel semakin menurun dan penyimpanan di ponsel semakin berkurang. Anda bisa melakukan hal ini baik setiap bulan atau setiap minggu tergantung kebutuhan.

4. Bagaimana Menghapus Cache Sistem di Perangkat Android?

Untuk menghapus cache sistem, buka โ€œPengaturanโ€ > โ€œPenyimpananโ€ > Ketuk โ€œCache Dataโ€ di bagian โ€œPengelolaan Penyimpanan.โ€ Ini akan membersihkan cache sistem dengan aman.

5. Bagaimana cara menghapus cache pada aplikasi individual di Android?

Anda bisa menghapus cache pada aplikasi individual dengan mengikuti langkah berikut: Pergi ke โ€œSettingโ€ > โ€œAppsโ€ > Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya > Ketuk โ€œStorageโ€ > Pilih โ€œClear Cacheโ€.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *