Artikel, Gaya Hidup

4+ Rekomendasi HP Samsung dengan Fitur NFC dan Cara Menggunakannya

HP-samsung-dengan-fitur-nfc

Sudahkah ponsel anda memiliki fitur NFC? Apa itu fitur NFC? Pengguna ponsel Samsung mungkin penasaran dengan fitur yang dibawa pada ponselnya. Apakah sudah ada fitur NFC ataukah tidak. Karena memang penting sekali kehadiran fitur ini terutama bagi anda yang sering berbagi data. Ketahui lebih detail tentang hp Samsung dengan fitur NFC di sini!

Mengenal Fitur NFC pada HP

Tahukah anda, apa itu fitur NFC? Ya, NFC adalah kependekan dari Near Field Communication, yang artinya ini adalah sebuah teknologi komunikasi dalam jarak dekat. Hanya dengan menyentuhkan ponsel ke perangkat yang lain dengan dukungan NFC, maka anda dapat berbagi data maupun berkomunikasi dengan mudah dan cepat. 

Misalnya saja, bisa mengirim dokumen, foto maupun video. Kehadiran NFC ini memungkinkan anda bisa berbagi data secara nirkabel atau tanpa kabel maupun tanpa kartu kredit jika untuk transaksi pembayaran. 

Dengan kata lain, kehadiran fitur ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan pembayaran barang dengan mudah. Banyak sekali kegunaan NFC dan inilah kenapa tak sedikit masyarakat yang kini mencari hp Samsung dengan fitur NFC. Terutama bagi mereka yang ingin kepraktisan dan kemudahan dalam bertransaksi atau berbagi data!

Bedanya NFC dengan Fitur Canggih Lain

Lantas, apa bedanya NFC dengan fitur koneksi lain seperti halnya Bluetooth? Pahami konsepnya, NFC dapat bekerja pada jarak sangat pendek serta membutuhkan sentuhan fisik. Beda halnya dengan Bluetooth yang memungkinkan proses komunikasi dilakukan dalam jarak jauh tanpa sentuhan langsung. 

Kelebihan Hp Samsung dengan Fitur NFC

Masih belum tahu, apa saja kelebihan hp Samsung dengan fitur NFC? Simak ulasan lengkapnya disini!

1. Berbagi Data Tak Perlu Lama

Terkadang kita memerlukan kecepatan waktu saat berbagi data penting. Dari sinilah peran fitur NFC pada hp Samsung. Karena dengan NFC, memungkinkan anda bisa berbagi data dalam waktu yang cepat tanpa ribet.

Hal ini karena fitur S Beam biasanya didukung oleh teknologi NFC, sehingga membuat anda dapat berbagi banyak jenis file berupa dokumen, foto maupun video dalam waktu cepat. Caranya hanya perlu menyentuhkan kedua perangkat hp Samsung dengan fitur NFC. Tentu saja cara ini lebih praktis.

2. Pembayaran Nirkontak Lebih Mudah

Lupa bawa kartu kredit atau dompet saat mau bayar belanjaan? Jika anda menggunakan hp Samsung dengan fitur NFC tak perlu lagi khawatir. Karena Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan NFC. 

Adanya teknologi NFC memungkinkan pengguna dapat melakukan pembayaran secara nirkontak tanpa repot. Cukup mendekatkan hp ke mesin pembayaran dengan dukungan NFC saja, selanjutnya transaksi bisa diselesaikan dengan cepat. 

Tidak hanya itu, pabrikan Samsung menghadirkan opsi Samsung Pay sebagai platform e-payment berbasis teknologi NFC, menawarkan kemudahan transaksi yang bisa dipakai di berbagai tempat hingga di seluruh dunia. Inilah yang membuat transaksi jadi lebih cardless dan cashless.

3. Isi Saldo e-Money Tanpa Batas Waktu

Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar dan kerap memakai transportasi umum, maka sudah tentu pemakaian e-money in sangat akrab bagi aktivitas anda. Mengingat pentingnya e-money, kini pengisian saldo e-money dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya dengan memanfaatkan fitur NFC.

Hal ini berbeda jika sebelumnya, kamu mesti melakukan pengecekan saldo serta pengisian saldo e-money, Flazz, Brizz, hingga TapCash hanya di ATM maupun di kasir minimarket. Maka kini kamu bisa memakai layanan mobile banking saja, atau bisa juga top up lewat marketplace terkemuka.

Jika sudah memilih jumlah top up e-money, anda bisa menempelkan kartu kembali pada bagian NFC. Selanjutnya e-money akan langsung terisi. 

4. Proses Pairing Tanpa Lama

Tak jarang ketika menghubungkan Bluetooth ke perangkat hp, kita mengalami masalah sulit terhubung atau kalaupun bisa memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini tentu tidak lagi jadi kendala, karena jika menggunakan hp Samsung dengan fitur NFC bisa memudahkan proses konektivitas otomatis. 

Anda tidak perlu lagi masuk ke menu pengaturan lalu mencari perangkat. Sebab NFC bisa membantu anda membuat proses pairing lebih praktis dan mudah ke perangkat. Dengan begitu, anda dapat menikmati pengalaman pairing tanpa kendala apapun. 

Daftar HP Samsung dengan Fitur

 NFC

Setelah memahami apa saja keuntungan hp Samsung dengan fitur NFC, kini anda bisa memilih salah satu dari beberapa daftar rekomendasi ponsel Samsung yang dibekali teknologi NFC. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Samsung Galaxy S23 Series

Tipe Samsung Galaxy S23 Series

Samsung seri S23 adalah seri S teranyar yang memungkinkan anda mendapatkan fitur NFC yang multifungsi. Samsung Galaxy seri S23 ini memang sudah dibekali fitur NFC untuk mempermudah aktivitas transaksi cardless maupun cashless

Samsung Galaxy S23 Series yang memiliki fitur NFC:

  • Samsung Galaxy S23 5G
  • Samsung Galaxy S23 FE 5G
  • Samsung Galaxy S23 FE+ 5G
  • Samsung Galaxy S23+ 5G
  • Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Hp Samsung S series ini juga menawarkan fitur-fitur keren lain yang bisa diandalkan, sebut saja dari sektor kamera dengan 50px, kemampuan perbesaran gambar sampai 100 kali dan lainnya. 

Cek di sini untuk tipe HP Samsung S Series yang memiliki fitur NFC.

2. Samsung Galaxy S22 Series

Samsung Galaxy seri S22 juga sudah dilengkapi oleh fitur NFC. Selain itu, ada fitur eksklusif lainnya yang dibawa aplikasi ini. Sebut saja, ada layar AMOLED dengan kualitas yang tak diragukan lagi, menawarkan performa canggih dan kamera yang luar biasa.

Samsung Galaxy S22 Series yang memiliki fitur NFC:

  • Samsung Galaxy S22 5G
  • Samsung Galaxy S22+ 5G
  • Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Ponsel Samsung ini mempermudah aktivitas anda menjadi lebih mudah melalui adanya teknologi NFC. Anda bisa melakukan transaksi pembayaran maupun transfer data tanpa repot lagi.

3. Samsung Galaxy A Series: A54, A34, A24, A14

Tipe Samsung Galaxy A Series

Jika anda sedang mencari hp Samsung berharga murah namun memiliki fitur NFC, maka anda bisa memilih Samsung seri Galaxy A. Galaxy A54 termasuk smartphone Samsung kelas mid range teranyar yang sudah disematkan fitur NFC. 

Ponsel tipe A Series tak hanya support jaringan 5G dengan kecepatan internet luar biasa saja, tetapi juga sudah disokong oleh layar AMOLED dengan kamera menawan dan baterai yang tahan lama, hingga 5000 mAh. Adanya fitur NFC, memungkinkan anda dapat saling berbagi video dan foto tanpa lama. 

Samsung Galaxy A Series yang memiliki fitur NFC:

  • Samsung Galaxy A54 5G
  • Samsung Galaxy A34 5G
  • Samsung Galaxy A24 5G
  • Samsung Galaxy A14 5G

Cek di sini untuk tipe HP Samsung A Series yang memiliki fitur NFC.

4. Samsung Z Series

Tipe Samsung Galaxy Z Series

Tidak mau kalah dari seri Samsung lainnya, Samsung Z series juga bisa anda pilih sebagai salah satu hp Samsung dengan fitur NFC. Sesuai namanya, Galaxy Z Series merupakan seri ponsel lipat dari Samsung yang stylish.

Hp Samsung ini bukan hanya lebih keren, melainkan juga menawarkan penggunaan yang sangat praktis. Samsung Galaxy Z Series yang memiliki fitur NFC:

  • Samsung Galaxy Z Fold5 5G
  • Samsung Galaxy Z Flip5 5G
  • Samsung Galaxy Z Fold4 5G
  • Samsung Galaxy Z Flip4 5G
  • Samsung Galaxy Z Fold3 5G
  • Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Fitur-fitur NFC Pada Smartphone Samsung

Ada beberapa fitur NFC pada Smartphone Samsung yang bisa anda gunakan, antara lain : 

1. Tag NFC

Fitur Tag NFC pada hp Samsung memungkinkan anda dapat membuat tag secara digital yang mendorong aksi otomatis di hp anda. Seperti dapat menempelkan tag ini di mobil. Bisa juga ketika anda menyentuhkan hp ke tag NFC, dengan otomatis hp akan langsung menyalakan Bluetooth, atau membuka layanan GPS. 

Dengan kata lain, adanya fitur tag NFC ini ibarat anda mempunyai asisten pribadi hanya lewat genggaman saja. Untuk mendapatkan pengalaman berharga dari fitur tag NFC, anda bisa memilih Galaxy Z Series. 

2. Fitur S Beam

Samsung dengan fitur NFC juga menghadirkan fitur S Beam sehingga penggunanya bisa berbagi file ke perangkat lain dengan praktis. Dengan memastikan kedua perangkat memiliki fitur NFC. Anda hanya perlu memilih file atau data yang mau dibagikan, dekatkan kedua perangkat, lalu file akan langsung terkirim otomatis. 

Baca Juga: 18 Fitur Rahasia HP Samsung yang Jarang Diketahui Orang!

Cara Menggunakan NFC Pada Hp Samsung

Rekomendasi HP Samsung yang ada Fitur NFC

Mengingat fitur NFC ini digunakan untuk berbagai aktivitas, tak heran jika pengguna baru akan kebingungan dengan cara memakai NFC pada ponselnya. Ini dia cara menggunakan NFC pada hp Samsung :

1. Cara Aktifkan NFC Pada HP

Pertama, anda harus mengaktifkan fitur NFC pada hp terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, silakan ikuti panduan berikut :

  • Masuk ke menu Setting / Pengaturan.
  • Pilih opsi Connection / Koneksi. 
  • Kemudian, aktifkan fitur NFC pada NFC and Contactless Payments. 
  • Nantinya, secara otomatis ponsel kamu akan terhubung dengan segala perangkat digital yang dapat terakses melalui NFC.

Selamat, kini anda bisa menggunakan NFC di hp!

2. Menggunakan Fitur NFC untuk Keperluan Transfer Data

Jika mau berbagi video, dokumen maupun foto bersama teman misalnya, maka fitur NFC akan mempermudah anda untuk transfer data tanpa ribet. Caranya hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Silakan aktifkan NFC di hp anda serta hp teman, jadi pastikan dulu kedua perangkat mempunyai fitur NFC.
  • Selanjutnya pilih file atau data mana yang mau dibagikan. Silakan buka video, dokumen atau foto yang mau dibagikan. 
  • Dekatkan hp anda dengan hp teman yang sudah mendukung fitur NFC. Kemudian tempelkan kedua perangkat ini di bagian NFC atau bagian belakang ponsel.
  • Selamat, file akan langsung terkirim otomatis tanpa bantuan kabel data!

3. Untuk Pembayaran Nirkontak

Anda yang mau melakukan pembayaran nirkontak, bisa memanfaatkan fitur Samsung Pay dengan dukungan NFC. Untuk melakukannya, simak panduan berikut :

  • Silakan aktifkan Samsung Pay dan NFC di hp anda.
  • Masuk dan buka Samsung Pay.
  • Kemudian pilih saja kartu pembayaran dan dekatkan hp anda ke dalam mesin pembayaran dengan dukungan NFC. 
  • Jika sukses, transaksi langsung diproses segera!

4. Menggunakan Fitur Tag NFC

Fitur Tag NFC juga disediakan Samsung untuk para penggunanya. Fitur ini bertujuan untuk mendorong aksi otomatis pada ponsel. Sebagai contoh praktisnya yaitu bisa menempelkannya pada mobil. Jadi setiap kali menyentuhkan hp ke tag NFC, maka hp akan menyalakan Bluetooth secara otomatis, membuka GPS atau melakukan aksi apa saja yang sudah diatur sebelumnya. 

Di samping kemudahan dan kepraktisannya, fitur NFC juga bisa membuat sistem keamanan ponsel menjadi rentan. Oleh sebab itu, pastikan anda selalu memproteksi data pribadi terhadap aktivitas transaksi yang dilakukan dengan NFC. Melalui cara berikut :

  • Cek apakah transaksi berbasis nirkontak sudah selesai sebelum anda meninggalkan mesin untuk pembayaran. 
  • Jangan gampang memberikan akses pada fitur NFC di hp kepada orang tidak dikenal. 

Dapatkan Rekomendasi HP Samsung dengan Fitur NFC di Bumilindo

Bumilindo, sebagai Official Partner Resmi Samsung, siap membantu Anda menemukan HP Samsung yang sesuai dengan kebutuhan teknologi NFC Anda. Dengan 14 gerai Bumilindo yang tersebar di kota-kota besar seperti Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Magelang, Malang, hingga Pandeglang di Banten, kami mengundang Anda untuk merasakan kemudahan teknologi NFC dalam genggaman Anda. Langsung kunjungi gerai kami untuk melihat langsung produk-produk terkini, atau untuk kenyamanan Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp guna mendapatkan konsultasi yang personal. Manfaatkan kesempatan untuk memiliki teknologi terdepan dengan dukungan dari Official Partner Resmi Samsung, Bumilindo.

 

Tertarik Dengan Gadget Samsung?

Dapatkan Penawaran Terbaru Spesial Untuk Anda Hanya di Bumilindo

 

Frequently Asked Questions (FAQ) 

1. Hp samsung yang ada NFC?

Ada beberapa rekomendasi hp Samsung dengan fitur NFC yang dapat dipilih sesuai budget dan kebutuhan, seperti Samsung Galaxy A54, Samsung Galaxy S22, S22+, S22 utra, Samsung Galaxy S23, S23FE, S23 Ultra, S23+, Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy ZFlip 5.

2. NFC di Hp Samsung berfungsi untuk apa?

Penggunaan teknologi NFC di hp Samsung yaitu memungkinkan anda melakukan pembayaran tak terbatas lewat berbagai macam aplikasi pembayaran berbasis seluler. 

3. Apa kelebihan NFC pada hp Samsung?

NFC memudahkan para penggunanya untuk dapat berkirim dokumen, seperti kontak telepon, video, aplikasi dan foto. 

4. Apa kekurangan fitur NFC?

Meskipun menawarkan kemudahan, NFC mempunyai satu kekurangan yakni sangat terbatas jarak.

5. Bagaimana cara cek hp ada NFC-nya atau tidak?

Anda bisa mengecek lewat pengaturan ponsel. Silakan buka pengaturan, temukan opsi “nirkabel dan jaringan”. Kemudian klik “lainnya”. Pada bagian tersebut biasanya terdapat pilihan buat aktifkan NFC. Apabila anda tidak menjumpainya, artinya hp tidak support fitur NFC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *