Artikel, Tips & Trik

7 Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung dengan Mudah

cara-menghilangkan-iklan-di-hp-samsung

Bagaimana sih cara menghilangkan iklan di hp Samsung? Ya, keberadaan iklan memang kerap mengganggu pengguna ponsel apalagi ketika kita sedang beraktivitas lewat mobile. Hal ini tentu sangat menjengkelkan. 

Kemunculan iklan pada hp Samsung tentu bukan tanpa sebab, bisa jadi akibat anda mengunduh aplikasi pihak ketiga atau pengaturan ponsel yang memungkinkan ponsel anda menampilkan iklan. Apapun itu, mari kita bahas selengkapnya di sini!

Penyebab Iklan Muncul Pada Hp Samsung

Penting sekali untuk mengetahui apa saja penyebab yang membuat iklan kerap muncul di hp Samsung. Berikut ini ulasannya :

1. Install Aplikasi yang Memiliki Iklan Bawaan

Menginstall dan menggunakan aplikasi pihak ketiga dari sumber tidak terpercaya bisa mengakibatkan kemunculan iklan tiba-tiba di ponsel Samsung. Ada beberapa aplikasi tertentu yang mungkin saja mempunyai iklan yang mereka tampilkan tanpa terkendali. 

Sebagian developer memang secara sengaja menampilkan iklan pada aplikasi sebagai cara untuk memonetisasi supaya mereka menghasilkan uang dari aplikasi tersebut. Jika anda memakai aplikasi-aplikasi sepertiini, otomatis iklan akan muncul pada aplikasi. 

Sebagai antisipasi, anda sebaiknya hanya menginstlall aplikais yang berasal dari pengembang terpercaya saja. Atau pakai aplikasi versi berbayar yang menampilkan iklan lebih sedikit. 

2. Akibat Izin Aplikasi

Secara tanpa sadar, anda mungkin menyetujui ditampilkannya iklan-iklan pada smartphone di pengaturan perangkat. Misalnya saja, dengan mengizinkan aplikasi tertentu untuk menampilkan iklan atau notifikasi. Hal ini bisa mengakibatkan masalah munculnya iklan secara tiba-tiba pada ponsel.

Biasanya ada beberapa aplikasi meminta akses ke dalam fitur ponsel yang tidak diperlukan untuk kebutuhan fungsionalitas aplikasi itu sendiri. Misalnya saja, meminta izin akses lokasi, SMS, kontak atau lainnya. 

3. Malware atau Virus

Adanya infeksi malware atau virus di perangkat juga kerap menyebabkan iklan yang tak diinginkan muncul pada ponsel Samsung.

Malware atau virus dan juga adware biasanya sengaja dirancang guna menampilkan iklan-iklan tak diinginkan pada hp korban. Jadi iklan bisa tiba-tiba muncul kapan dan dimana saja, meskipun anda sedang tidak memakai aplikasi apapun di ponsel. 

Biasanya malware dan adware masuk ke dalam ponsel android, karena beasal dari aplikasi yang berasal dari sumber tak dikenal, mengunjungi website berbahaya atau klik banner iklan yang mencurigakan.

4. Mengunjungi Website Berbahaya atau Tidak Aman

Mengunjungi website berbahaya atau kurang aman juga dapat menjadi salah satu faktor munculnya iklan tiba-tiba pada ponsel. Beberapa website yang tidak terpercaya biasanya sengaja untuk memajang iklan tertentu yang dapat membajak peramban web atau ponsel pengguna. Jika mengklik iklan dari situs web tersebut, secara otomatis iklan-iklan tersebut akan muncul di ponsel tanpa kendali.

Oleh karena itu, tugas anda di sini adalah harus waspada dan jangan mengklik iklan sembarangan atau menginstall aplikasi tertentu dari sumber mencurigakan. Sebaiknya hanya kunjungi website yang terpercaya dan tidak memasang iklan banyak pada halamannya. 

Sekarang, mengingat anda sudah tahu penyebab iklan-iklan yang muncul pada hp Samsung. Maka sudah saatnya untuk menghilangkan iklan di ponsel Samsung dengan cara di bawah ini!

Cara Menghilangkan Iklan di Hp Samsung

samsung.com

Ada beberapa panduan cara menghilangkan iklan di hp Samsung yang mengganggu di bawah ini :

1. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa program pihak ketiga untuk membantu anda dalam mengatasi iklan-iklan yang mengganggu di ponsel Samsung. Diantara yaitu aplikasi pemblokir iklan efektif yang bisa diandalkan. Selain itu, anda bisa menginstall aplikasi pemblokir iklan tersebut lewat Google Play Store di hp Samsung. 

Beberapa aplikasi pemblokir iklan yang recommended di hp Samsung adalah AdGuard, AdAway, dan Adblock Plus. 

2. Update Sistem Operasi

Cara menghilangkan iklan di hp Samsung yang bisa kamu coba adalah dengan memperbarui sistem operasi android ke versi yang terbaru. Seringkali perusahaan merilis update-an aplikasi untuk mengatasi persoalan privasi dan keamanan, seperti memblokir iklan-iklan pada aplikasi maupun browser bawaan. 

Anda bisa mengecek pembaruan sistem operasi hp Samsung dengan cara berikut :

  • Silakan buka pengaturan pada ponsel anda.
  • Gulir layar ke bawah, lalu klik perangkat lunak maupun tentang ponsel.
  • Klik pembaruan sistem. Selain itu, bisa juga pilih download dan install.
  • Apabila sudah tersedia pembaruan, silakan ikuti langkah-langkah install OS hp Samsung. 

3. Menghapus Data dan Cache Aplikasi

Anda juga bisa mencoba menghapus data dan cache aplikasi yang sudah menumpuk. Karena bisa jadi cache ini menimbulkan masalah munculnya iklan pada hp Samsung. Dengan membersihkan cache teratur, bisa mengurangi kemungkinan munculnya iklan-iklan tak diinginkan. 

Berikut beberapa langkah cara menghapus data dan cache aplikasi pada hp Samsung :

  • Buka pengaturan pada ponsel.
  • Silakan pilih pengaturan aplikasi atau aplikasi.
  • Selanjutnya pilih aplikasi mana yang mau anda hapus data dan cache-nya.
  • Klik penyimpanan atau ketuk penyimpanan dan cache.
  • Pilih lagi hapus cache lalu hapus data. 

4. Pengaturan Izin Aplikasi

Biasanya ada beberapa aplikasi yang terdapat pada ponsel yang meminta perizinan tidak perlu hanya untuk memunculkan iklan-iklan di perangkat. Anda bisa mengecek kembali dan mengubah sistem perizinan aplikasi dengan cara manual lewat opsi pengaturan privasi. Ini langkah-langkahnya :

  • Silakan buka pengaturan pada hp Samsung anda.
  • Klik pengaturan aplikasi atau aplikasi.
  • Silakan pilih aplikasi tertentu yang mau anda cek kembali perizinanmnya.
  • Tekan izin aplikasi.
  • Lalu nonaktifkan perizinan yang tak perlu pada aplikasi tersebut. 

5. Jangan Install Aplikasi Mod atau Tidak Resmi

Install aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal atau tidak kredibel, seperti aplikasi hasil modifikasi bisa memperbesar resiko kemunculan iklan yang mengganggu dan tidak diinginkan. Sebaiknya unduh saja aplikasi-aplikasi resmi di Play Store hp Samsung. Hindari penggunaan aplikasi yang non kredibel. 

6. Cek Pengaturan Peramban

Apabila kemunculan iklan terjadi saat anda memakai web browser pada perangkat Samsung, kemungkinan besar ada pengaturan web peramban yang bermasalah. Beberapa web browser menawarkan fitur bawaan melakukan pemblokiran iklan. Oleh sebab itu, aktifkan fitur pemblokiran iklan supaya iklan-iklan di browser tidak mengganggu anda lagi ketika berselancar di dunia maya .

7. Lakukan Flash Ulang Ponsel

Biasanya iklan sering munculdi perangkat android akibat sistem, aplikasi dan virus. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan flash ulang perangkat hp. Tapi metode ini hanya untuk mengatasi kemunculan iklan akibat sistem.

Selain itu, cara tersebut biasanya efektif dalam menghilangkan iklan-iklan di ponsel android. Sebab tujuannya untuk memperbarui sistem dari yang lama menjadi sistem baru.

8. Atur Layanan Tampilan Iklan di HP Samsung

Pada smartphone Samsung juga memiliki pengaturan khusus untuk menampilkan iklan dari HP Samsung secara langsung. Jika Anda ingin menonaktifkannya, berikut caranya:

  • Silakan buka pengaturan pada hp Samsung anda.
  • Klik privasi.
  • Pilih layanan Kustomisasi.
  • Pada tampilan halaman bawah, terdapat iklan khusus dan pemasaran langsung, lalu klik nonaktif.
  • Lalu nonaktifkan perizinan yang tak perlu pada aplikasi tersebut. 

Itulah 7 cara menghilangkan iklan di hp Samsung yang bisa anda coba. Sebaiknya pilih salah satu cara paling efektif yang bisa bekerja untuk mengatasi masalah iklan yang muncul pada perangkat anda!

Cara menghilangkan iklan di HP samsung memang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. Ingatlah untuk selalu waspada saat mengunduh aplikasi dan hindari penggunaan aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Selalu perbarui perangkat lunak Anda dan gunakan aplikasi keamanan yang terpercaya. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman penggunaan HP Samsung Anda tanpa terganggu oleh iklan-iklan yang tidak diinginkan.

Dengan menerapkan tips yang telah kami berikan, kini saatnya Anda menikmati penggunaan HP Samsung dengan lebih nyaman dan efisien. Selamat mencoba!

Tertarik Dengan Gadget Samsung?

Dapatkan Penawaran Terbaru Spesial Untuk Anda Hanya di Bumilindo


Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bagaimana mengatasi iklan yang sering muncul di hp?

Anda bisa memblokir iklan pada home screen android, dengan langkah berikut :

  • Tekan lalu tahan ikon aplikasi, serta buka pada menu info aplikasi yang terbuka.
  • Gulir layar sampai menjumpai pilih display over other apps.
  • Kemudian gulir lagi untuk mematikan pada toggle bertuliskan allow display over other apps.

2. Kenapa muncul iklan tiba-tiba di layar hp?

Kemunculan iklan pada hp bisa terjadi saat anda membuka aplikasi. Pop up iklan terkadang mengandung malware dan virus yang bisa mengancam sistem keamanan data pada ponsel.

3. Aplikasi apa saja yang bisa menghilangkan iklan di hp?

Ada beberapa aplikasi di android yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan iklan di android, antara lain AdAway, Adblocker Ultimate Browser, Adblock Plus, AdClear, Adguard dan masih banyak lagi.

4. Apa itu aplikasi adblock?

Aplikasi adblock adalah aplikasi untuk pemblokir iklan yang terdapat pada peramban web.

5. Aplikasi apa yang digunakan untuk memblokir iklan di website?

Anda bisa menggunakan aplikasi Adblock plus untuk memblokir iklan yang ada di website. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *