Panduan Ebook, Tips & Trik

[Tips & Trik] 6 Cara merawat HP Agar Awet & Tahan Lama, Mudah!

Cara merawat HP Agar Lebih Awet

Cara merawat hp agar awet menjadi hal yang esensial, terutama dalam kehidupan sehari-hari yang sangat mengandalkan perangkat ini. Penggunaan yang sering, manajemen penyimpanan yang efisien, dan penggunaan aplikasi secara bijak dapat memiliki dampak besar pada masa pakai smartphone Anda.

Jika Anda mengabaikan hal ini, risiko memori penuh dan penggunaan baterai yang boros dapat merugikan kinerja dan daya tahan perangkat Anda. Bahkan, kelalaian terhadap masalah ini bisa berujung pada kerusakan serius dan biaya perbaikan yang signifikan.

Untungnya, terdapat sejumlah tips dan trik cara merawat hp agar awet, asalkan penggunaan perangkat dilakukan dengan bijak. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan menyeluruh mengenai cara merawat smartphone Anda agar tetap awet dan tetap berkinerja optimal.

Pertimbangan Sebelum Membeli Smartphone

Sebelum mengambil keputusan pembelian, langkah awal dalam cara merawat hp agar awet adalah memilih sistem operasi dan prosesor dengan mempertimbangkan penggunaan di masa mendatang. Aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan meliputi:

1. Memilih Sistem Operasi & Prosesor

Sebelum membeli smartphone, kamu harus memilih sistem operasi dan prosesor dengan memperhatikan penggunaan untuk masa mendatang, seperti berikut ini: 

a. Memperhatikan Sistem Operasinya

 Tahap awal melibatkan pemilihan dan perhatian terhadap sistem operasi (OS). Fungsi utama OS pada smartphone adalah menjalankan aplikasi lain, mempermudah aktivitas sehari-hari. Jenis-jenis OS yang tersedia, seperti Apple’s iOS, Android, Windows phone, dan Symbian OS, memiliki karakteristik yang beragam. Android, misalnya, umumnya lebih populer karena kegunaannya yang luas, terutama pada HP Samsung.

b. Processor

Komponen kunci dalam smartphone adalah prosesor. Kehadiran prosesor sangat berpengaruh dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari, seperti mengirim pesan, membuat panggilan, merekam suara, dan sebagainya. Pemilihan prosesor yang sesuai harus mempertimbangkan kebutuhan smartphone di masa mendatang. Untuk aktivitas ringan seperti browsing dan media sosial, prosesor dual core sudah mencukupi, sedangkan untuk gaming atau streaming video HD, sebaiknya menggunakan prosesor HP octa core atau quad core.

c. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras penting di dalam smartphone. Fungsi RAM sebagai tempat penyimpanan data sementara hanya beroperasi saat perangkat aktif. Dalam konteks cara merawat hp agar awet, HP dengan RAM besar mampu bekerja secara optimal untuk mendukung aktivitas multitasking, seperti bermain game atau membuka berbagai aplikasi secara bersamaan. Sebaliknya, RAM yang kecil dapat mengakibatkan kinerja yang kurang optimal, terutama saat menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan.

2. Kapasitas

Cara merawat hp agar awet melibatkan pertimbangan penting terkait kapasitas baterai dan memori internal ponsel. Dalam rangka memastikan perawatan yang optimal, berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

a. Kapasitas Baterai

Cara merawat hp agar awet - Kapasitas baterai pada smartphone

Salah satu cara merawat hp agar awet adalah mempertimbangkan kapasitas baterai. Kapasitas ini mengukur jumlah arus listrik yang dapat disuplai oleh baterai dalam waktu tertentu, diukur dalam miliampere jam (mAh). Kapasitas baterai memainkan peran kunci dalam menentukan daya tahan baterai sehari-hari. Umumnya, smartphone dengan kapasitas baterai antara 3500 hingga 7000 mAh dapat bertahan sepanjang hari, tergantung pada pola penggunaan.

b. Kapasitas Storage/Memori Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan atau storage pada smartphone juga perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan penyimpanan file permanen, termasuk foto, lagu, video, dan data aplikasi. Pemilihan aplikasi dengan bijak dapat membantu menjaga agar kapasitas penyimpanan tidak cepat terisi penuh. Dengan perkembangan zaman, kapasitas penyimpanan smartphone semakin meningkat, mulai dari 32 GB hingga 1 TB. Penting untuk memastikan bahwa storage yang tersedia tidak melampaui batas maksimumnya agar hp tetap awet.

3. Harga dan Kebutuhan

Merawat hp agar awet sebaiknya dimulai sejak sebelum pembelian. Pertimbangkan harga dan kebutuhan Anda dengan cermat. Hindari penawaran yang terlalu murah untuk sebuah smartphone, dan pastikan untuk menghindari pembelian barang bekas yang diiklankan sebagai barang baru.

Memiliki anggaran yang memadai untuk mendapatkan smartphone sesuai dengan kebutuhan adalah langkah penting. Pilih tipe smartphone yang cocok dengan kebutuhan dan anggaran Anda, karena hal ini akan menjadi dasar untuk merawat smartphone dengan baik dan memastikan investasi Anda memberikan nilai yang maksimal..

4. Lain-Lain

Faktor-faktor lain yang turut menjadi pertimbangan penting sebelum membeli ponsel melibatkan aspek ketersediaan aksesoris, garansi, dan service center resmi:

a. Ketersediaan Aksesoris Smartphone

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam cara merawat hp agar awet adalah ketersediaan aksesoris smartphone. Aksesoris tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan HP, tetapi juga memberikan perlindungan tambahan. Misalnya, case dapat melindungi perangkat dari benturan, sedangkan pelindung layar anti gores dapat menjaga layar kaca dari gesekan atau goresan. Penting untuk memastikan bahwa aksesoris tersebut mudah ditemukan untuk mendukung perlindungan dan gaya perangkat Anda.

b. Ketersediaan Garansi Smartphone

Ketersediaan garansi pada smartphone menjadi aspek penting dalam cara merawat hp agar awet. Membeli ponsel yang dilengkapi dengan garansi yang mudah diakses dapat memberikan keuntungan besar. Hal ini tidak hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang mungkin terjadi, tetapi juga dapat menghemat biaya perbaikan jika ada masalah setelah pembelian.

c. Ketersediaan Service Center Resmi

Ketersediaan service center resmi menjadi pertimbangan lainnya. Adanya service center resmi yang mudah dijangkau memiliki keuntungan tersendiri. Ketika diperlukan perbaikan atau klaim garansi, akses yang mudah ke service center resmi dapat mempermudah proses tersebut. Dengan demikian, berbagai masalah seperti instal ulang sistem operasi, kerusakan layar, dan perbaikan lainnya dapat ditangani dengan cepat dan efisien.

Baca Juga: Cara Tukar Tambah HP Samsung: Panduan Lengkap untuk Pergantian yang Lancar

Cara Merawat HP Agar Awet

Cara merawat hp agar awet melibatkan berbagai langkah untuk menjaga kinerja dan daya tahan smartphone. Berikut adalah beberapa cara lengkap untuk merawat hp agar lebih awet dan tahan lama:

1. Menghemat Penggunaan Baterai

Menghemat penggunaan baterai merupakan kunci utama dalam cara merawat hp agar awet. Beberapa langkah yang dapat dilakukan meliputi:

a. Uninstall / non-aktifkan Aplikasi yang Tidak Perlu/Jarang Digunakan

Hindari borosnya baterai dengan meng-uninstall atau menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan. Terlalu banyak aplikasi dapat memakan memori dan menyebabkan boros daya.

b. Memilih Aplikasi Mana yang Perlu Diaktifkan Notifikasinya

Pilih aplikasi yang benar-benar perlu untuk diaktifkan notifikasinya. Memberikan izin notifikasi pada semua aplikasi dapat membuat baterai cepat habis.

c. Hindari Bermain Games pada Saat Pengisian Daya

Hindari bermain games saat pengisian daya untuk mencegah overheat dan kerusakan baterai. Pastikan baterai sudah terisi penuh sebelum bermain games.

d. Hindari Baterai HP Drop Sampai 0%

Jangan biarkan baterai drop hingga 0%. Isi daya baterai ketika sudah mencapai di bawah 15% untuk mencegah kerusakan dan overheat.

e. Hindari Meletakkan Smartphone di Kasur

Hindari meletakkan smartphone di kasur terutama saat pengisian daya, karena dapat menyebabkan panas berlebih dan berpotensi bahaya.

f. Setting Layar Mati Otomatis Setiap 30 Detik

Setting layar mati otomatis setiap 30 detik dapat membantu menghemat baterai dengan mematikan layar saat tidak digunakan.

Baca Juga: 18 Fitur Rahasia HP Samsung yang Jarang Diketahui Orang!

2. Menghapus Cache pada Aplikasi Secara Rutin

Untuk merawat hp agar lebih awet dan tahan lama, langkah selanjutnya adalah secara rutin menghapus cache pada aplikasi. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai cache aplikasi:

a. Aplikasi yang Paling Banyak Menggunakan Cache

Salah satu cara efektif dalam merawat hp adalah dengan menghapus cache aplikasi secara berkala. Beberapa aplikasi yang cenderung mengumpulkan banyak cache termasuk Instagram, Tiktok, Shopee, Tokopedia, Google Chrome, dan Youtube. Dengan mengetahui aplikasi-aplikasi ini, Anda dapat memberikan prioritas untuk secara rutin menghapus cache pada aplikasi tersebut. Proses ini dapat membantu menjaga kinerja hp dan memastikan penggunaan memori yang lebih efisien.

b. Cara Menghapus Cache pada Aplikasi

Cara merawat hp agar awet - cara hapus cache di aplikasi

Berikut ini langkah mudah menghapus cache pada aplikasi yang bisa kamu terapkan, yaitu:

  • Pertama, membuka menu setting.
  • Kemudian, pilih Apps atau Application Manager.
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih aplikasi yang ingin cachenya dihapus. 
  • Jika sudah terbuka, pilih storage.
  • Lalu akan tampil  ukuran cache yang dimiliki aplikasi yang kamu pilih.
  • Berikutnya, tekan tombol clear cache.

Cara merawat hp agar awet - Hapus Cache secara berkala

Selain cara di atas, kamu juga bisa menghapus cache semua aplikasi sekaligus. Berikut cara mudahnya, yaitu:

  • Pertama, pilih menu setting.
  • Kemudian tekan Additional Setting dan pilih storage.
  • Lalu, pilih Clean Storage dan klik Safe to Clean.
  • Setelah itu, tekan opsi menghapus cache dan klik Clear

Jika kamu sering memakai aplikasi tersebut secara rutin, kami sarankan agar kamu dapat melakukan clear cache setiap 2-3 hari sekali.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache dengan Mudah pada Smartphone Android

c. Cara Melakukan Force Closed Aplikasi yang Macet / Lagging

Force closed aplikasi bisa banyak penyebabnya, seperti terjadi bugs, penumpukan file cache, memori penuh, aplikasi tidak kompatibel, dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara melakukan force close yang bisa kamu terapkan, yaitu: 

  • Menutup semua aplikasi yang dijalankan.
  • Jika tidak berhasil, kamu bisa mencoba restart smartphone.
  • Membersihkan cache pada sistem dan aplikasi.
  • Menghapus data aplikasi.
  • Membersihkan data yang tersimpan pada memori internal.
  • Melakukan update sistem dan aplikasi yang bermasalah.
  • Terakhir, kamu bisa mencoba install ulang aplikasi.

3. Update Software Smartphone dan Aplikasi Secara Berkala

Supaya smartphone tahan lama, kamu harus rajin melakukan update software dan aplikasi secara berkala. Berikut cara yang efektif untuk melakukannya, yaitu:

a. Cara Setting Software Agar Terupdate Otomatis

Cara merawat hp agar awet - Update Software

Memperbarui software pada smartphone dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stabilitas sistem, memperpanjang masa pakai baterai, mengoptimalkan kinerja perangkat, dan lain sebagainya. Berikut 3 langkah sederhana yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Pertama, buka Pengaturan, kemudian ketuk Pembaruan perangkat lunak atau software update.
  • Selanjutnya, pilih Unduh dan install.
  • Apabila tersedia perangkat lunak terbaru, kamu bisa memilih instal sekarang. Selain itu, bisa juga pilih Jadwalkan penginstalan atau nanti, agar software terupdate otomatis. 

b. Cara Setting Aplikasi Agar Terupdate Otomatis

Cara merawat hp agar awet - Update Software

Memperbarui aplikasi penting dilakukan, agar bisa digunakan dengan baik dan lancar serta untuk menghindari beberapa masalah, seperti aplikasi mogok, restart smartphone mendadak, dan lainnya. Berikut cara setting aplikasi agar terupdate secara otomatis, yaitu:

  • Pertama, kamu bisa membuka aplikasi Google Play Store di HP.
  • Pada kanan atas, kamu harus ketuk ikon profil.
  • Setelah itu, pilih Setelah lanjut ke Preferensi Jaringan, lalu ketuk Update aplikasi secara otomatis.
  • Selanjutnya, kamu bisa memilih salah satu opsi untuk mendukung proses update, apakah melalui jaringan apapun seperti data seluler dan Wifi atau hanya melalui Wifi saja.

4. Gunakan Kabel Charger dan Adapter Original

Dalam cara merawat hp agar tidak mudah rusak dan tetap awet, sangat penting untuk menggunakan kabel charger dan adapter yang asli. Menggunakan charger KW atau non-original yang kualitasnya di bawah standar dapat menimbulkan berbagai masalah, terutama pada baterai smartphone.

Selain itu, hindari penggunaan powerbank secara berlebihan. Pengisian daya yang terlalu sering menggunakan powerbank dapat menghasilkan panas berlebih, yang berpotensi merusak baterai dan komponen lainnya. Disarankan untuk menggunakan powerbank hanya dalam kondisi mendesak, sementara pengisian daya sebaiknya dilakukan dengan charger dan kabel asli yang sesuai dengan spesifikasi baterai smartphone. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa perangkat Anda menerima daya sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi, mendukung perawatan hp agar tetap awet.

5. Pemilihan Casing dan Tempered Glass yang Bagus

Aksesoris HP memang bisa dengan mudah kamu temukan. Namun, tetap harus pkamui dalam memilih, termasuk casing dan tempered glass yang bisa memberikan fungsi perlindungan bagi ponsel.

a. Pilih Casing HP yang Anti-Crack

Ada banyak jenis case smartphone, seperti softcase, hardcase, dan anticrack. Casing HP yang direkomendasikan adalah anticrack. Dengan bentuk yang kaku dan sedikit lentur, case jenis ini bisa mengurangi risiko pecah pada layar sehingga mampu memberikan perlindungan lebih untuk HP milik kamu.

b. Pilih Jenis Tempered Glass yang Berkualitas Baik

Tak hanya memilih case HP, kamu juga harus memilih jenis tempered glass yang berkualitas untuk menghindari kerusakan. Setidaknya, ada 4 jenis tempered glass yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan pilihan. Berikut informasi selengkapnya mengenai tipe tempered glass, yaitu:

  • 5D Tempered Glass memiliki tampilan mengkilat dan jernih serta mampu melindungi layar dari gesekan, benturan, dan juga goresan.
  • Anti Glare Tempered Glass lebih cocok untuk kamu yang memiliki tangan sering berkeringat serta mampu melindungi dan menjaga layar HP tetap bersih.
  • Blue Ray Tempered Glass berguna melindungi mata dari cahaya layar smartphone yang bisa mengakibatkan kerusakan pada mata kamu.
  • Anti Spy Tempered Glass mampu mengurangi sidik jari dan mengurangi cahaya pada layar HP saat berada di area terang.

6. Back-up Data Setiap 6 Bulan Sekali

Selanjutnya, kamu wajib melakukan back-up data secara rutin setiap 6 bulan sekali, supaya smartphone tahan lama dan terhindar dari kerusakan. Berikut ini 2 cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

a. Pindahkan Data Lama ke Google Drive / Hardisk External

Pertama, kamu bisa memindahkan data lama ke Google Drive atau hardisk external. Dengan demikian, kinerja RAM maupun ROM ponsel menjadi lebih ringan sehingga performa smartphone menjadi lebih cepat dan tentunya lebih awet.

Selain itu, langkah ini juga bisa membantu kamu untuk memastikan data tersimpan dengan aman jika di kemudian hari kamu mengganti smartphone.

b. Pastikan Memori Kapasitas HP Tidak Penuh

Memori yang penuh akan berpengaruh pada kinerja sistem HP. Salah satu penyebab memori penuh adalah aplikasi pada smartphone terlalu banyak. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memilih beberapa cara berikut ini.

  • Uninstall aplikasi yang jarang kamu gunakan.
  • Menyimpan file pada memori eksternal.
  • Membersihkan cache aplikasi secara rutin.
  • Mematikan fitur auto download pada aplikasi seperti WhatsApp.
  • Melakukan streaming saat menonton film atau video tertentu.
  • Menghapus foto atau dokumen lain yang sudah tidak diperlukan.

Sudah Paham Cara Merawat HP Agar Awet?

Itulah tips bagaimana cara merawat HP agar awet dan tahan lama. Sehingga, bisa kamu gunakan dalam jangka panjang tanpa harus memikirkan biaya perbaikan karena ponsel rusak atau membeli smartphone baru. Jika membeli HP baru, pastikan kamu membelinya di tempat terpercaya yang terbukti kualitasnya.

Membeli HP di tempat terpercaya penting karena memberikan banyak keuntungan. Bumilindo adalah official partner Samsung yang pastinya menjual HP Samsung original dan bergaransi. Didukung juga oleh tim support yang siap menjawab pertanyaan dan membantu kamu sebelum maupun setelah melakukan pembelian.

Tertarik Dengan Gadget Samsung?

Dapatkan Penawaran Terbaru Spesial Untuk Anda Hanya di Bumilindo

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Mengapa penting merawat HP dengan baik?

Merawat HP dengan baik sangat penting karena itu dapat memperpanjang umur perangkat dan menjaga kinerjanya. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menghindari masalah umum seperti baterai yang cepat habis atau layar yang rusak.

2. Apa yang harus saya lakukan untuk menjaga baterai HP agar awet?

Untuk menjaga baterai HP agar awet, caranya adalah dengan hindari pengisian berlebihan, jaga suhu hp tetap terjaga, perbarui perangkat lunak secara rutin, matikan fitur jika sedang tidak digunakan, atur kecerahan layar sesuai dengan penggunaan.  Anda dapat juga gunakan mode hemat daya untuk batasi fungsionalitas tertentu.

3. Bagaimana cara menjaga layar HP tetap bersih dan bebas dari goresan?

Untuk menjaga layar HP tetap bersih dan bebas goresan, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber yang lembut dan hindari membersihkannya dengan bahan yang kasar. Artikel ini akan memberikan tips lebih lanjut tentang perawatan layar.

4. Apakah ada cara untuk melindungi HP dari kerusakan fisik?

Pertama, gunakan casing atau pelindung layar yang sesuai dengan model HP Anda. Casing dapat melindungi bodi perangkat dari goresan dan benturan, sementara pelindung layar dapat mencegah retak atau goresan pada layar. Selanjutnya, hindari menjatuhkan atau membiarkan HP terbentur, karena ini dapat merusak komponen internal maupun layar. Dengan perawatan yang sederhana ini, Anda dapat memperpanjang umur dan menjaga penampilan HP Anda.

5. Apakah ada tips khusus untuk menjaga performa HP agar tetap cepat dan lancar?

Pertama, selalu perbarui perangkat lunak Anda ke versi terbaru, karena pembaruan seringkali mencakup perbaikan kinerja. Selanjutnya, secara berkala bersihkan cache dan data yang tidak diperlukan dari aplikasi Anda untuk menghindari penggunaan memori berlebihan. Pastikan untuk menutup aplikasi latar belakang yang tidak digunakan, karena aplikasi ini dapat menguras daya dan mempengaruhi kinerja perangkat. Terakhir, kendalikan widget dan notifikasi yang aktif di layar beranda Anda, karena hal ini dapat mempengaruhi kecepatan respons perangkat. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga performa HP Anda tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *